Transformasi digital di dunia pendidikan telah membawa perubahan signifikan dalam cara mengajar dan belajar, terutama di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan teknologi digital dan algoritma dalam proses pembelajaran di SDN 169 Gresik, dengan fokus pada intermediasi budaya algoritmik dan literasi digital. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dengan guru, observasi langsung terhadap pembelajaran digital, dan studi dokumentasi program literasi digital di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital memungkinkan personalisasi pembelajaran yang lebih efektif, namun juga menghadirkan tantangan berupa ketergantungan siswa pada konten algoritmik yang belum tentu kredibel. Literasi digital yang diterapkan di sekolah menjadi kunci untuk membentuk sikap kritis siswa terhadap informasi digital yang mereka konsumsi. Selain itu, kolaborasi antara guru, orang tua, dan sekolah sangat penting untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Penelitian ini menyarankan perlunya integrasi literasi digital ke dalam kurikulum inti, pengembangan kapasitas guru dan orang tua, serta pemanfaatan teknologi untuk melestarikan budaya lokal di tengah arus informasi global.
Copyrights © 2025