Education Curiosity
Vol 3 No 3 (2025): April-Juli 2025

Kuasa Algo-Torial dalam Proses Intermediasi Budaya pada Era Digital: Eksplorasi Praktik Empiris di Sekolah Dasar

Arianti, Dini (Unknown)
Gunansyah, Ganes (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Transformasi digital di dunia pendidikan telah membawa perubahan signifikan dalam cara mengajar dan belajar, terutama di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan teknologi digital dan algoritma dalam proses pembelajaran di SDN 169 Gresik, dengan fokus pada intermediasi budaya algoritmik dan literasi digital. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dengan guru, observasi langsung terhadap pembelajaran digital, dan studi dokumentasi program literasi digital di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital memungkinkan personalisasi pembelajaran yang lebih efektif, namun juga menghadirkan tantangan berupa ketergantungan siswa pada konten algoritmik yang belum tentu kredibel. Literasi digital yang diterapkan di sekolah menjadi kunci untuk membentuk sikap kritis siswa terhadap informasi digital yang mereka konsumsi. Selain itu, kolaborasi antara guru, orang tua, dan sekolah sangat penting untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Penelitian ini menyarankan perlunya integrasi literasi digital ke dalam kurikulum inti, pengembangan kapasitas guru dan orang tua, serta pemanfaatan teknologi untuk melestarikan budaya lokal di tengah arus informasi global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...