Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata Bahasa Inggris dengan minat belajar siswa sekolah dasar terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris. Kosakata merupakan komponen dasar dalam pembelajaran bahasa yang berperan penting dalam keterampilan berbahasa, sedangkan minat belajar merupakan faktor internal yang dapat memengaruhi motivasi dan keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas V dari salah satu sekolah dasar di Kota Pulang Pisau. Data diperoleh melalui tes penguasaan kosakata dan angket minat belajar Bahasa Inggris. Hasil analisis menggunakan korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dan minat belajar siswa (r = 0,53; p < 0,01). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penguasaan kosakata yang dimiliki siswa, semakin tinggi pula minat mereka dalam mempelajari Bahasa Inggris. Implikasi dari hasil ini menekankan pentingnya penguatan pengajaran kosakata dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan ketertarikan dan motivasi siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025