Penelitian yang dilakukan kini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran pada berbasis proyek terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi geometri di SDN Bandung 1 Diwek Jombang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pre-test – post-test. Penelitian ini melibatkan 30 siswa sebagai subjek. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis, yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan untuk mengukur perubahan hasil belajar. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 61,33 meningkat menjadi 89,60 pada post-test, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam materi geometri. Model ini mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran, berpikir kritis, serta memecahkan masalah melalui kegiatan yang kontekstual dan bermakna. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis proyek direkomendasikan sebagai salah satu strategi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Copyrights © 2025