Perkembangan teknologi informasi telah menghadirkan berbagai inovasi dalam dunia pendidikan, termasuk media pembelajaran yang fleksibel dan mudah diakses seperti podcast. Podcast semakin populer di kalangan mahasiswa karena memungkinkan proses belajar yang tidak terbatas ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi mahasiswa terhadap podcast sebagai media pembelajaran alternatif, khususnya di kalangan mahasiswa kesehatan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus terhadap lima mahasiswa semester enam Fakultas Kesehatan Masyarakat UINSU yang dipilih secara purposive. Data diperoleh melalui wawancara mendalam yang dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menilai podcast sebagai media yang relevan, praktis, serta sesuai dengan gaya belajar generasi Z. Podcast tidak hanya meningkatkan wawasan dan motivasi belajar, tetapi juga dapat mendorong perubahan perilaku yang lebih sehat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025