Jurnal Golden Age
Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Golden Age

PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL POLA KVKV BERBEDA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HIDAYATULLAH SURABAYA

Aprilia Sugiarti (Unknown)
Simatupang, Nurhenti Dorlina (Unknown)
Malaikosa, Yes Matheos Lasarus (Unknown)
Widayanti, Melia Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan lembaga pra-sekolah yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan beberapa aspek anak usia dini, salah satunya perkembangan aspek bahasanya. Pada perkembangan bahasa, stimulus yang dapat diberikan pada anak adalah kemampuan membaca awal. Hasil observasi terdapat 10 dari 20 anak usia 5-6 tahun atau anak yang berada di kelompok B masih kurang optimal dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kemampuan membaca awal anak serta memberikan gambaran metode yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca awal untuk anak usia 5-6 tahun. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk rancangan menggunakan Quasi Experimental dengan jenis Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah 10 anak kelas eksperimen dan 10 anak kelas kontrol pada kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji Mann Whitney U Test dengan bantuan program SPSS 26. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,023. Jika nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,023 lebih kecil dari 0,05, maka keputusan uji Mann Whitney U Test adalah menerima Ha dan menolak Ho. Dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi pola KVKV Berbeda berpengaruh terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Hidayatullah Surabaya. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pada kemampuan membaca awal anak antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata kunci: Kemampuan membaca awal, Metode bernyanyi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jga

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Golden Age (e-ISSN 2549-7367) adalah jurnal Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Hamzanwadi yang memuat hasil penelitian yang diangkat dari kajian teoritis dan hasil penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali ...