Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan numerasi siswa berdasarkan jenis kelamin. Metode yang dilakukan adalah survei cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 864 siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak-Banten dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling (Isaac dan Michael) dikarenakan jumlah populasi yang terlalu besar sehingga ditetapkan sebanyak 266 siswa SMP dari empat sekolah. Teknik pengumpulan data melalui hasil observasi, tes numerasi yang diadposi dari soal AKM, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan numerasi dengan tipe essay sebanyak 5 soal yang sudah valid dengan reliabilitas tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji t. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan mempunyai kemampuan numerasi yang berbeda, yang dimana siswa perempuan lebih unggul dibandingkan siswa laki-laki.
Copyrights © 2025