Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pengembangan peternakan sapi perah UD. Saputra Jaya menggunakan metode Business Model Canvas. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan metode deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan lokasi didasarkan pada metode purposive. Jumlah informan sebanyak 5 orang yang berwenang di UD. Saputra Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan peternakan sapi perah UD. Saputra Jaya dari Sembilan komponen BMC yaitu : 1) Key Partner, penambahan kemitraan dengan peternak Kecamatan Brangkal. 2) Key Activities yaitu pembuatan pupuk kompos dari limbah feses sapi. 3) Value Proposition yaitu memberi edukasi kepada peternak yang mempengaruhi kualitas. 4) Customer Relationship, penambahan SDM berkualitas di bidang IT sebagai pengelola aplikasi promosi. 5) Customer Segment tidak terdapat penambahan. 6) Key Resource pembuatan pabrik pakan baru. 7) Elemen Channels yaitu melalui akun sosial media Instagram dan facebook. 8) Cost Structure yaitu biaya pembangunan untuk pembangunan pabrik pakan baru. 9) Revenue Streams yaitu pengolahan pupuk kompos dan pembuatan pabrik pakan baru.
Copyrights © 2024