Kemampuan kognitif dalam pendidikan keperawatan merupakan komponen penting untuk mempertanggungjawabkan tindakan dalam asuhan keperawatan yang profesional. Mahasiswa keperawatan diharapkan dapat menganalisis informasi, berfikir kritis, memiliki keterampilan klinis dan membuat keputusan yang benar dalam konteks klinis. Problem Based Learning merupakan suatu strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, mengembangkan pembelajaran aktif, keahlian pemecahan masalah dan keterampilan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning untuk meningkatkan kognitif mahasiswa. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan pre-test dan post-test dengan populasi mahasiswa D-III Keperawatan Akper Kesdam I/BB Padang. Teknik pengampilan sampel adalah total sampling sejumlah 41 orang mahasiswa tingkat II. Hasil penelitian pemberian metode Problem Based Learning kepada mahasiswa tingkat II menunjukkan rata-rata nilai pretest 61.05 dan nilai posttest 86,71, hasil uji paired sample t-test tabel diatas memperoleh nilai sig. (2 tailed) 0,00, sesuai dengan pengambilan keputusan uji paired sample t-test jika nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kognitif mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Kesimpulan hasil penelitian yaitu adanya pengaruh model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kognitif mahasiswa. Diharapkan metode PBL dapat diaplikasikan kepada mahasiswa keperawatan untuk meningkatkan kognitif pada semua mata kuliah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025