Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk perilaku positif anak usia dini, seperti disiplin, empati, tanggung jawab, dan kerja sama. Akan tetapi, tantangan utama dalam implementasinya yaitu kurangnya media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas video edukasi berbasis Behavior Modification (B-Mood) dalam membentuk perilaku positif anak usia dini di Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, analisis isi, dan wawancara mendalam terhadap 65 anak, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, persentase anak yang menunjukkan perilaku disiplin, empati, tanggung jawab, dan kerja sama masing-masing sebesar 32%, 28%, 30%, dan 26%. Setelah pemutaran video edukasi Simajiro selama 12 minggu, terjadi peningkatan signifikan, dengan disiplin mencapai 78%, empati 74%, tanggung jawab 80%, dan kerja sama 76%. Analisis menunjukkan bahwa efektivitas video ini didukung oleh teori Behavior Modification dari Skinner, yang menekankan penguatan positif (positive reinforcement), serta teori Social Learning dari Bandura, yang menjelaskan bahwa anak-anak belajar melalui observasi dan imitasi model peran. Dengan demikian, video edukasi berbasis Behavior Modification terbukti menjadi media pembelajaran yang efektif dalam membentuk perilaku positif anak usia dini, memberikan alternatif inovatif bagi pendidik dan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai karakter secara lebih menarik dan interaktif di era digital
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025