Cendikia Pendidikan
Vol. 13 No. 12 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS X TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 3 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Utami, Nur Ida (Unknown)
Mukhlis, Mukhlis (Unknown)
Suyoto, Suyoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2025

Abstract

Abstract This study aims to describe the perceptions of class X students towards the implementation of the independent curriculum for Indonesian language learning at SMA Negeri 3 Pemalang in the 2024/2025 academic year. The type of research used is qualitative. Data collection techniques used are observation, questionnaires, and documentation. The data sources used in this study were class X students of SMA Negeri 3 Pemalang. The results of the study showed that the perceptions of class X students towards the implementation of the independent curriculum for Indonesian language learning at SMA Negeri 3 Pemalang in the 2024/2025 academic year. Based on the results of observations, questionnaires, and documentation that have been carried out, students provide good statements and responses regarding the implementation of the independent curriculum in Indonesian language learning. In addition, the independent curriculum helps students develop their abilities through programs in the independent curriculum. Students feel helped by the independent curriculum because it makes it easier for them in the learning process. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik kelas X terhadap penerapan kurikulum Merdeka pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Pemalang tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Pemalang. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi peserta didik kelas X terhadap penerapan kurikulum Merdeka pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Pemalang tahun pelajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil observasi, angket, dan dokumentasi yang telah dilakukan, peserta didik memberikan tuturan dan respon baik terkait penerapan kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, kurikulum Merdeka membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuannya melalui program yang ada dalam kurikulum Merdeka. Peserta didik merasa terbantu dengan adanya kurikulum Merdeka karena memudahkan mereka dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...