Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan metode Think Pair Share dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MA Sholahuddin Kabupaten Demak pada tahun pelajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini berdasarkan di MA Sholahuddin Demak pada saat pembelajaran cenderung pasif. Melihat fenomena seperti ini, perlu adanya model pembelajaran yang menyenangkan dengan metode yang sesuai biar siswa tidak cenderung bosan dan mampu memahami akan pelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Salah satunya pembelajaran menulis teks eksplanasi mempergunakan metode Think Pair Share pada peserta kelas XI MA Sholahuddin Kabupaten Demak tahun pelajaran 2024/2025. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana keefektifan metode Think Pair Share dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MA Sholahuddin Kabupaten Demak tahun pelajaran 2024/2025? Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MA Sholahuddin Kabupaten Demak tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini mempergunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan true experimental dalam bentuk posttest-only control design. Pengambilan teknik sampel yaitu random sampling dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI MA Sholahuddin Kabupaten Demak, dan sampel yang dipergunakan yaitu peserta kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan mempergunakan teknik pengambilan data yaitu teknik tes dan non-tes. Data kemudian dianalisis secara deskriptif dan diuji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang didapatkan atas hasil posttest rata-rata kelas eksperimen 77,8 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol 67,8. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh sebesar 4,26 yang lebih besar dari dengan taraf signifikan 1% pada dk = 50 diperoleh hasil 2,38. Dengan demikian hipotesis alternative Ha diterima dan data yang diperoleh sangat signifikan. Dalam uji non-tes didapatkan hasil bahwa peserta didik lebih berminat dan aktif dalam pembelajaran menggunakan metode Think Pair Share. Saran yang disampaikan yakni guru dapat memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang mendorong peserta didik agar senantiasa dapat lebih aktif, menyenangkan dan kreatif agar peserta didik lebih mudah memahami dan mendapatkan nilai yang terbaik. Kata kunci: Keefektifan Model, Think Pair Share, Menulis, Teks Eksplanasi.
Copyrights © 2025