Penanaman nilai-nilai kejujuran dalam anti korupsi di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi sangat penting karena masa remaja merupakan fase krusial dalampembentukan karakter anak bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendekatan edutainment dalam pembelajaran anti korupsi dan dampaknya terhadap pemahaman serta sikap siswa. Berdasarkan wawancara dengan guru dan siswa serta observasi kegiatan di kelas,ditemukan bahwa pendapatan ini mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dankontekstual. Kegiatan seperti simulasi pengelolaan dana kelas permainan edukatif dan video pendek tentang kejujuran terbukti mendorong siswa untuk lebih memahami nilaiintegritas dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, implementasi metode ini masih menghadapi sejumlah tantangan, seperti keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan guru dan minimnya media pembelajaran yang mendukung.Meskipun begitu, edutainment dinilai memiliki kondisi besar sebagai strategi jangka panjang dalam pendidikan karakter, khususnya dalam membentuk generasi muda yang jujur, bertanggung jawab, dan berani menolak perilaku koruptif.
Copyrights © 2025