Pembelajaran berdiferensiasi yang diintegrasikan dengan menggunakan model pembelajaran Searching Information, Communication, and Information (SICOMO) merupakan pengajaran yang masih belum banyak dilakukan oleh pengajar di dalam kelas. Dalam penelitian ini berusaha untuk memberikan gambaran terkait hasil dari model pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent (pretest-posttest) control group design. Penelitian dilakukan di SMA Yuppentek 1 Kota Tangerang dengan seluruh kelas XI sebagai populasi. Sampel penelitian yaitu kelas XI 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI 3 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pada kelas kontrol model pembelajaran yang diterapkan adalah Project Based Learning (PjBL), sedangkan pada kelas eksperimen pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi model SICOMO. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi sebagai studi pendahuluan, tes soal uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi sains tulisan. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 25 menggunakan Uji T Sample Independent. Pada hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai uji > dari 0,05 dengan hasil pada uji kemampuan komunikasi tulisan sebesar 0,01 sehingga H0 ditolak, H1 diterima, dengan demikian terdapat peningkatan kemampuan komunikasi sains siswa yang diajar melalui pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi model SICOMO.
Copyrights © 2025