Materi Pengetahuan Dasar Geografi adalah salah satu materi yang sulit dipelajari. Salah satu cara mengatasi adalah menggunakan e-modul. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui efektivitas hasil belajar peserta didik menggunakan emodul di SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode Quasi Eksperimental dan dengan desain Two Group Pretest Posttest. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik di kelas X. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan e-modul dan hasil belajar peserta didik. Teknik Pengumpulan data berupa lembar validitas dan respon guru, angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif persentase, uji mann-whitney, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emodul yang didesain dinyatakan baik dan layak. Respon yang peserta didik berikan terhadap e-modul adalah respon positif. Aktivitas belajar peserta didik di kelas eksperimen adalah aktif dan kelas kontrol adalah cukup aktif. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen adalah tuntas dan kelas kontrol tidak tuntas. Hasil belajar afektif kelas eksperimen adalah tuntas dan kriteria baik ,sedangkan kelas kontrol adalah tuntas dan kriteria cukup. Hasil belajar psikomotorik kelas eksperimen adalah tuntas dan kriteria baik, sedangkan kelas kontrol adalah cukup dan tidak tuntas. Uji N-Gain kelas eksperimen selalu mendapat hasil cukup efektif kecuali pada pertemuan ketiga yang memperoleh hasil tidak efektif. Uji N-Gain kelas kontrol selalu mendapat hasil tidak efektif. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan bantuan e-modul lebih efektif daripada tidak menggunakan e-modul.
Copyrights © 2025