Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Matematika
Vol. 2 No. 1 (2025): Mei

Eksplorasi Pengalaman Emosional Matematika dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi pada Peserta Didik Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Elvin Ervi Ladona (Unknown)
Wawan (Unknown)
Ningsih, Eka Fitria (Unknown)
Dewi Rohmah Nurul Fajriah4 (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifkasi perasaan peserta didik terhadap matematika dan mengeksplorasi faktor apasaja yang menyebabkan timbulnya perasaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang melibatkan 14 orang peserta didik pada jenjang sekolah menengah pertama di provinsi Lampung sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam dengan memanfaatkan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Hubberman. Hasil penelitian mengindetifikasi perasaan peserta didik menjadi tiga kelompok yaitu emosi positif, emosi yang tidak stabil dan emosi negatif. Faktor-faktor yang mempengaruhi perasaan peserta didik terhadap matematika diantaranya efikasi diri, lingkungkan belajar dan pengalaman masa lalu. Implikasi hasil penelitian ini telah diuraikan pada dalam artikel ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edumathtec

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Matematika merupakan jurnal yang berfokus pada Pendidikan dan teknologi pada pembelajaran matematika yang diterbitkan oleh Magister Pendidikan Matematika Universitas Terbuka. Jurnal ini mempublikasikan hasil dari penelitian dan artikel ilmiah bidang ...