Sosial Budaya
Vol 21, No 1 (2024): Juni 2024

Tekanan Pemangku Kepentingan untuk Mendapatkan Branding Kota yang Baik di Festival Lamongan Megilan

Hidayat, Syaiful (Unknown)
Isnaini, Santi (Unknown)
Suharto, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Kabupaten Lamongan, salah satu kabupaten besar di Jawa Timur, tengah berupaya untuk branding kotanya lewat berbagai festival bertajuk “Lamongan Megilan”. Saat acara Megilan Lamongan digelar, banyak pemangku kepentingan yang ikut memeriahkan setiap festivalnya. Para pemangku kepentingan ini menciptakan berbagai tekanan seperti tekanan persaingan, tekanan pemerintah, tekanan media, dan tekanan publik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif. Dari 23 informan yang diwawancarai dan 25 artikel berita, dijelaskan berbagai tekanan dari pemangku kepentingan masing-masing festival. Hasilnya mengklasifikasikan setiap jenis tekanan pemangku kepentingan berdasarkan teori. Kerangka konseptual baru muncul dari penelitian ini, yang menunjukkan bahwa acara ini menghadapi berbagai jenis tekanan dari pemangku kepentingan. Kesimpulan yang diambil adalah city branding festival Lamongan Megilan mengalami tekanan yang membuat pihak penyelenggara festival merasa tidak nyaman. Disarankan untuk mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan melakukan evaluasi untuk mengurangi tekanan pemangku kepentingan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SosialBudaya

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Sosial Budaya (Online ISSN 2407-1684 | Print ISSN 1979-2603), merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sultan Syarif Kasim Riau sejak tahun 2007. Jurnal Sosial Budaya ini merupakan media yang memuat kajian-kajian ilmiah dalam bentuk hasil ...