Keterlambatan bicara dan bahasa pada anak usia dini merupakan permasalahan perkembangan yang dapat memengaruhi aspek sosial, emosional, dan akademik anak. Upaya deteksi dini menjadi sangat penting, namun ketersediaan alat skrining yang valid, andal, dan sesuai dengan konteks budaya Indonesia masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melakukan validasi konten terhadap Early Language Scale (ELS) versi Bahasa Indonesia sebagai alat skrining keterlambatan bicara dan bahasa pada anak usia 1–6 tahun. Penelitian ini merupakan studi non-eksperimental yang menilai karakteristik psikometrik ELS. Proses validasi terdiri atas penerjemahan dengan metode forward-backward translation, adaptasi budaya, dan validasi konten oleh tujuh panel ahli multidisipliner. Validitas konten dianalisis menggunakan indeks I-CVI dan S-CVI/UA. Seluruh 26 item dalam ELS versi Bahasa Indonesia menunjukkan tingkat validitas konten yang tinggi, dengan nilai I-CVI sebesar 1.00 dan S-CVI/UA sebesar 0.907. Hal ini menunjukkan bahwa setiap item dinilai relevan oleh panel ahli dan instrumen memiliki kesesuaian dengan konstruk yang diukur. ELS versi Bahasa Indonesia merupakan alat skrining yang valid secara konten dan layak digunakan untuk deteksi dini keterlambatan bicara dan bahasa pada anak usia 1–6 tahun.
Copyrights © 2025