Penelitian ini mengkaji penerapan strategi komunikasi edukatif dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Gunadarma di Sekolah Terbuka Yayasan Bina Insan Mandiri, Depok. Sekolah ini menjadi ruang alternatif pendidikan bagi siswa dari latar belakang sosial dan ekonomi marginal. Fokus penelitian ini adalah pada strategi komunikasi interpersonal dan partisipatif yang digunakan oleh dosen dalam proses pendampingan, pelatihan, dan konseling. Dengan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui analisis dokumen, wawancara, dan observasi reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi edukatif berbasis empati, personalisasi pesan, dan interaksi dua arah berdampak signifikan dalam membangun kepercayaan, motivasi belajar, dan perubahan sikap siswa. Hal ini menegaskan bahwa komunikasi bukan sekadar alat penyampaian informasi, tetapi juga sarana strategis pemberdayaan sosial melalui pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan integrasi strategi komunikasi edukatif dalam desain program pendidikan berbasis masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025