PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Strategi Komunikasi Edukatif dalam Memberdayakan Siswa Marginal: Program Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Gunadarma di Sekolah Terbuka Depok

Okviana, Lenie (Unknown)
Eka Nanda, Sendi (Unknown)
Aurora, Olly (Unknown)
Santoso, Muji (Unknown)
Al Khazim, Iqbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan strategi komunikasi edukatif dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Gunadarma di Sekolah Terbuka Yayasan Bina Insan Mandiri, Depok. Sekolah ini menjadi ruang alternatif pendidikan bagi siswa dari latar belakang sosial dan ekonomi marginal. Fokus penelitian ini adalah pada strategi komunikasi interpersonal dan partisipatif yang digunakan oleh dosen dalam proses pendampingan, pelatihan, dan konseling. Dengan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui analisis dokumen, wawancara, dan observasi reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi edukatif berbasis empati, personalisasi pesan, dan interaksi dua arah berdampak signifikan dalam membangun kepercayaan, motivasi belajar, dan perubahan sikap siswa. Hal ini menegaskan bahwa komunikasi bukan sekadar alat penyampaian informasi, tetapi juga sarana strategis pemberdayaan sosial melalui pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan integrasi strategi komunikasi edukatif dalam desain program pendidikan berbasis masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

parahita

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

PARAHITA Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah jurnal yang berisikan publikasi dalam bentuk artikel pengabdian kepada masyarakat dan atau hasil-hasil penelitian di bidang Ilmu Komunikasi secara luas. Jurnal Pengabdian PARAHITA diterbitkan dua kali dalam satu tahun, Juni dan Desember tahun ...