Agri Analytics Journal
Vol. 3 No. 1 (2025): June

Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Pengolahan Jamur Tiram (Pleuratus Ostreatus) menjadi Produk Kaldu Jamur di PT. Mitra Jamur Indonesia

Sari, Cindy Puspita (Unknown)
Prawitasari, Saptya (Unknown)
Murwanti, Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Produk jamur tiram merupakan komoditas pertanian yang memiliki potensi ekonomi tinggi karena kandungan gizi yang baik dan ketersediannya melimpah, pengolahan jamur tiram segar sering menghadapi tantangan seperti umur simpan yang pendek dan fluktuasi harga di pasaran, sehingga perlu adanya suatu pengolahan untuk memberikan nilai tambah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis nilai tambah dan keuntungan dalam pengolahan jamur tiram (Pleurotus ostreatus) menjadi kaldu jamur di PT. Mitra Jamur Indonesia serta mengidentifikasi strategi pemasaran yang relevan. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode kuantitatif dan kualitatif. Analisis nilai tambah dilakukan dengan menggunakan metode Hayami, analisis SWOT digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran berdasarkan faktor internal dan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengolahan jamur tiram menjadi kaldu jamur menghasilkan nilai tambah yang positif sebesar Rp. 31.685/kg, dengan rasio nilai tambah sebesar 52%, (2) Keuntungan pada produksi kaldu jamur sebesar Rp. 22.256.506/kg, (3) PT. Mitra Jamur Indonesia berada pada posisi kuadran I Strategi Agresif, strategi yang diusulkan mencakup optimalisasi media sosial, inovasi kemasan, serta kolaborasi dengan distributor untuk memperluas jangkauan pasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aaj

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

AgriAnalytics Journal, the national journal, provides a forum to study original articles, articles, and books from academics, analysts, practitioners, and those who are interested in providing literature on Agribusiness Studies in all aspects. Related scientific articles, Agricultural Counseling, ...