Video pembelajaran merupakan media pembelajaran dalam bentuk audio visual untuk menyampaikan suatu topik/materi yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran baik daring maupun luring serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, namun tidak semua guru memiliki kapabilitas dalam membuat video pembelajaran sehingga menarik untuk mendeskripsikan preferensi aplikasi yang digunakan oleh mahasiswa sebagai calon guru PAI dalam pembuatan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data mahasiswa Prodi PAI Semester IV terdiri dari 2 Kelas yaitu PAI 4A dan PAI 4B sebanyak 59 mahasiswa pada mata kuliah Media Pembelajaran PAI. Penelitian ini memanfaatkan google classroom sebagai media untuk mengumpulkan tugas mahasiswa berupa video pembelajaran dengan preferensi aplikasi masing-masing dan google form sebagai media untuk mengumpulkan data deskriptif untuk mengidentifikasi aplikasi yang digunakan oleh mahasiswa sebagai calon guru PAI dalam pembuatan video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi aplikasi yang paling banyak digunakan yaitu: Canva sebesar 63% dan CapCut sebesar 46%. Aplikasi Canva dan CapCut dapat dijadikan alternatif dalam pembuatan video pembelajaran sebagai media yang efektif digunakan dalam pembelajaran daring maupun luring yang dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar siswa dan mendukung pembelajaran mandiri karena mudah dipahami dan digunakan, memiliki banyak fitur/template yang menarik, dan merupakan aplikasi yang tidak berbayar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025