Penelitian ini dilatarbelakangi oleh orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah dasar tanpa memperhatikan kesiapan anaknya. Orang tua hanya mengukur kesiapan anaknya masuk sekolah dasar dengan melihat satu aspek saja, seperti kemampuan membaca anak, tanpa memperhatikan aspek kematangan perkembangan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua tentang peran apa saja yang harus mereka mainkan dan strategi apa saja yang harus mereka gunakan untuk mempersiapkan anaknya masuk sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga orang tua yang memiliki anak usia dini yang akan memasuki jenjang pendidikan dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki pandangan yang sama tentang kesiapan anaknya masuk sekolah dasar yaitu memiliki kemampuan akademik dan keberanian, dan strategi orang tua dalam mempersiapkan anak bervariasi, seperti memberikan panutan yang baik dan memberikan pendampingan langsung di rumah. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa orang tua memiliki persepsi tentang kesiapan anaknya masuk sekolah dasar yaitu orang tua berpandangan bahwa mempersiapkan anak masuk sekolah dasar harus memiliki kemampuan akademik.
Copyrights © 2025