Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan media permainan kartu domino pada peningkatan perhatian pembelajaran dan pembelajaran Kelas IV untuk pecahan dalam UPT SDN Kutorejo 3. Studi penelitian ini menerapkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain siklus yang mencakup tahap perencanaan, tindakan melakukan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI UPT SDN Kutorejo 3 yang berjumalah 30. Pengumumpulkan data melalui pertanyaan tentang pembelajaran, memeriksa hasil pembelajaran dan pengamatan partisipasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan kartu domino dapat secara signifikan meningkatkan hasil pembelajaran siswa dan siswa, dengan peningkatan manfaat belajar 60% pada prasiklus, 73% pada siklus I, dan 83% pada siklus II, serta peningkatan hasil pembelajaran siswa adalah 57% pada pra siklus, 77% pada siklus I dan 87% dalam siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa media permainan kartu domino mempunyai pengaruh dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi pecahan.
Copyrights © 2025