Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan pancasila dengan menggunakan model team games tournament di kelas V SD Negeri 21 pilubang kabupaten agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu Siklus I terdiri 2 pertemuan dan Siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau guru, dan peserta didik kelas V SD Negeri 21 Pilubang Kabupaten Agam yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukan pada siklus 1 motivasi belajar peserta didik 85% meningkat pada siklus 2 menjadi 91,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Team Games Tournamnet (TGT) dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SD Negeri 21 Pilubang Kabupaten Agam.
Copyrights © 2025