JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Model Team Games Tournament Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V SD Negeri 21 Pilubang Kabupaten Agam

Khairi Tsani, Ahma (Unknown)
Fitria, Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan pancasila dengan menggunakan model team games tournament di kelas V SD Negeri 21 pilubang kabupaten agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu Siklus I terdiri 2 pertemuan dan Siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau guru, dan peserta didik kelas V SD Negeri 21 Pilubang Kabupaten Agam yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukan pada siklus 1 motivasi belajar peserta didik 85% meningkat pada siklus 2 menjadi 91,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Team Games Tournamnet (TGT) dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SD Negeri 21 Pilubang Kabupaten Agam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...