JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pelaksanaan Pembelajaran Sentra Main Peran di PAUD Islam Nibras Padang

Fitria Ningsih, Jeni (Unknown)
Suryana, Dadan (Unknown)
Wirman, Asdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pelaksanaan pembelajaran sentra main peran dalam mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini, khususnya dalam hal kemampuan berbahasa. Meskipun pembelajaran berbasis sentra telah banyak diterapkan di berbagai PAUD, masih terdapat kesenjangan dalam pelaksanaannya yang belum optimal, khususnya dalam penerapan tahapan scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sentra main peran di PAUD Islam Nibras Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru sentra main peran dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dalam bentuk narasi dan diuji keabsahannya melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sentra main peran di PAUD Islam Nibras Padang telah sesuai dengan tahapan yang dirancang dalam RPPH. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan empat pijakan utama atau scaffolding, yaitu pijakan lingkungan main, sebelum main, selama main, dan setelah main. Evaluasi dilakukan secara langsung melalui observasi dan catatan perkembangan untuk mengetahui aspek kemampuan berbahasa anak yang berkembang selama kegiatan bermain peran. Kesimpulannya, pembelajaran sentra main peran di PAUD Islam Nibras Padang telah diterapkan secara efektif dan mendukung perkembangan bahasa anak secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...