JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Problem Based Learning Di Kelas V SD Negeri 05 Serasi Kabupaten Pasaman

Narido, Khairul (Unknown)
Desyandri, Desyandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN 05 Serasi Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh berkaitan dengan hasil pembelajaran model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah dan guru pengerak sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau guru, dan peserta didik kelas V SDN 05 Serasi Kabupaten Pasaman yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, modul ajar siklus I diperoleh rata-rata 87,5% (B), meningkat pada siklus II menjadi 91,6% (SB). Kedua, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 87,5% (B), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 92,8% (SB). Ketiga, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 88,35% (B), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 92,8% (SB). Keempat, hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 73,05 (C), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 82,95 (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SDN 05 Serasi Kabupaten Pasaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...