Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada lembaga pendidikan dalam menciptakan kurikulum yang kontekstual dan relevan. Sekolah-sekolah di Indonesia bebas untuk membuat sumber daya pendidikan berdasarkan kebutuhan siswa, terutama yang terkait dengan pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana SMK Islam Qon GKB Gresik telah menerapkan pendidikan Islam moderat dalam topik PAI dalam parameter Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara mendalam, dan observasi. Model interaktif Miles dan Huberman digunakan untuk melakukan analisis data deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai moderasi beragama seperti toleransi, keseimbangan (tawassuth), dan keterbukaan terhadap perbedaan diintegrasikan ke dalam pembelajaran PAI di SMK Islam Qon GKB Gresik dalam rangka melaksanakan pendidikan Islam moderat. Lebih jauh, metodologi pembelajaran bersifat inklusif, berbasis percakapan, dan menempatkan penekanan kuat pada kontekstualisasi ajaran Islam. Siswa mampu memahami ajaran Islam secara lebih luas dan proporsional tanpa kehilangan inti keagamaannya.
Copyrights © 2025