JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Strategi Kepemimpinan Adaptif dalam Menentukan Prioritas Pemotongan Anggaran Non-Esensial untuk Efisiensi Fiskal di BPKAD Kota Padang sesuai Inpres No. 1 Tahun 2025

Sholehah, Silvia (Unknown)
Syamsir, Syamsir (Unknown)
Mahyudi, Ilham (Unknown)
Salsabilla, Azzahra (Unknown)
Nurfadhilah, Diva (Unknown)
Fayzara, Divany (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Strategi kepemimpinan adaptif dalam pengelolaan anggaran publik masih jarang dikaji secara mendalam, khususnya dalam konteks efisiensi fiskal di tingkat pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi kepemimpinan adaptif diterapkan dalam menentukan prioritas pemotongan anggaran non-esensial di BPKAD Kota Padang serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam terhadap Kepala Bidang Anggaran BPKAD Kota Padang, studi dokumentasi kebijakan (Inpres No. 1 Tahun 2025 dan Instruksi Wali Kota No. 1 Tahun 2025), serta analisis data melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan adaptif diterapkan melalui responsivitas, kolaborasi, dan inovasi, dengan pemangkasan anggaran non-esensial sebesar 50% tanpa mengganggu layanan publik. Faktor pendukung meliputi kepemimpinan komunikatif, dukungan regulatif, koordinasi teknis, dan transparansi anggaran. Sementara itu, faktor penghambat mencakup keterbatasan dalam pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK), resistensi dari beberapa SKPD, dan kompleksitas penyusunan APBD Perubahan. Kesimpulannya, strategi kepemimpinan adaptif mampu mewujudkan efisiensi fiskal yang berdampak pada realokasi anggaran ke sektor prioritas, transformasi birokrasi digital, serta peningkatan akuntabilitas dan transparansi fiskal, yang dapat dijadikan model bagi daerah lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...