JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Persepsi Mahasiswa Gen Z Terhadap Perubahan Sosial Di Era Digitalisasi

Ramadhani, Oktazenia (Unknown)
Syamsir, Syamsir (Unknown)
Rizkina Aliya P, Mutiara (Unknown)
Kamalawati, Nur (Unknown)
Fazila, Mutia (Unknown)
Dea Ananta, Delta (Unknown)
Nor Elijha, Mila (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana persepsi mahasiswa Generasi Z terhadap perubahan sosial yang terjadi di era digitalisasi. Berbagai transformasi signifikan telah dibawa oleh digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pola interaksi sosial, pemanfaatan teknologi, serta pergeseran nilai dan norma dalam masyarakat. Generasi Z yang tumbuh di lingkungan serba digital telah mengalami dampak dari perubahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan instrumen berupa kuesioner yang dirancang untuk mengukur tiga indikator utama, yaitu persepsi terhadap perubahan bentuk interaksi sosial, intensitas penggunaan media digital, dan pengaruh digitalisasi terhadap nilai serta norma sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa Generasi Z memberikan persepsi yang positif terhadap digitalisasi, meskipun kesadaran terhadap tantangan sosial yang muncul, seperti menurunnya kedekatan emosional dalam komunikasi, ketergantungan terhadap teknologi, serta bergesernya batasan etika dalam hubungan sosial, tetap dimiliki. Temuan ini memperlihatkan bahwa digitalisasi tidak hanya memengaruhi cara berinteraksi, tetapi juga membentuk pola pikir serta sikap sosial generasi muda. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam terhadap persepsi tersebut dibutuhkan dalam merumuskan kebijakan sosial dan pendidikan yang responsif terhadap dinamika zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...