JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Melalui Teams Games Tournament dengan Culturally Responsive Teaching

Mu’asaroh, Herdiyanti Putri (Unknown)
Kusmaryono, Imam (Unknown)
Basir, Mochamad Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Keterkaitan yang erat antara kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar belum tercermin pada praktik pembelajaran, di mana kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa masih menjadi tantangan. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa melalui implementasi model Teams Games Tournament (TGT) dengan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian tindakan kelas yang prosesnya berulang melalui bentuk siklus. Penelitian ini bertempat di SMA Islam Sultan Agung Islam 3 Semarang pada bulan September hingga November 2024. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas XI-2 sebagai penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Setiap siklus pada penelitian ini memberikan hasil skor kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar yang meningkat. Pada kemampuan berpikir kritis, skor indikator kemampuan interpretasi meningkat dari 38% menjadi 79%, kemampuan analisis meningkat dari 41% menjadi 76%, kemampuan evaluasi dan inferensi meningkat dari 38% menjadi 83%, kemampuan eksplanasi meningkat dari 34% menjadi 76%, dan kemampuan pengaturan diri meningkat dari 31% menjadi 76%. Pada motivasi belajar sebanyak 75.86% siswa mencapai kategori tinggi. Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model TGT dengan CRT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...