Kemampuan memecahkan masalah dapat dikuasai dengan baik oleh siswa apabila siswa memiliki kemampuan afektif, salah satunya adalah self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa melalui Teams Games Tournament (TGT) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang pada kelas XI-1 yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes. Hasil pembelajaran melalui dua siklus menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, yaitu lebih dari 75% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah untuk setiap indikator dan lebih dari 75% siswa memiliki self efficacy kategori sedang. Disimpulkan bahwa penerapan model TGT dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa.
Copyrights © 2025