JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Reskilling and Upskilling Educators in the Age of AI, Navigating Opportunities and Challenges

Santoso, Budi (Unknown)
Aimah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan (AI) menghadirkan tantangan dan peluang bagi guru dalam meningkatkan kompetensi profesional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah reskilling dan upskilling guru di era AI merupakan suatu keadaan darurat atau peluang bagi pengembangan pendidikan. Subjek penelitian ini adalah guru SMK Darussalam Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada beberapa institusi pendidikan yang telah menerapkan program pelatihan berbasis AI. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen kebijakan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru menghadapi kesulitan dalam mengadopsi teknologi AI karena keterbatasan keterampilan digital. Namun, dengan strategi pelatihan yang tepat, AI justru dapat menjadi peluang bagi guru untuk meningkatkan efektivitas pengajaran dan personalisasi pembelajaran. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan rekomendasi kebijakan terkait model pelatihan guru yang adaptif terhadap perkembangan AI, sehingga reskilling dan upskilling dapat menjadi strategi berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...