Media pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, khususnya dalam pembelajaran sejarah. Keterampilan berfikir kausalitas dalam peristiwa sejarah merupakan salah satu kemampuan Historical Thinking yang harus dimiliki oleh siswa. Namun, dalam proses pembelajaran Sejarah di SMA N 2 Gunung Talang belum berjalan dengan baik. Guru belum menggunakan media pembelajaran yang dirancang secara khusus untuk melatih keterampilan berfikir kausalitas siswa. Keterampilan berfiikir kausalitas dapat ditingkatkan salah satunya dengan menggunakan media interaktif, yaitu media video Motion Graphics. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 4 tahapan pengembangan yaitu analisis, perancangan, pengembagan dan implementasi. Penerapan media Motion Graphics dilakukan pada siswa kelas XI di SMA N 2 Gunung Talang. Analisis data penelitian ini menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantatif yang diperoleh dari pengukuran skala, yaitu skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa media video Motion Graphics dirancang menggunakan software Canva, Edpuzzle, dan Adobe Premier Pro. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa media tergolong layak dan sangat layak digunakan. Uji kepraktisan oleh guru dan siswa juga menunjukkan media sangat praktis digunakan.
Copyrights © 2025