JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Psikoedukasi Penggunaan Gadget dan Media Sosial bagi Siswa Kelas Tinggi SDIT Darul Fikri Makassar

Lukman, Lukman (Unknown)
Munawarah, Taqiyah (Unknown)
Muchtar, Bau Muthi’ah (Unknown)
Kasmawati, Kasmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Penggunaan gadget dan media sosial yang berlebihan pada anak sekolah dasar dapat berdampak negatif terhadap perkembangan mereka. Kegiatan ini bertujuan memberikan psikoedukasi kepada siswa kelas 4, 5, dan 6 SDIT Darul Fikri Makassar tentang manfaat, risiko, dan cara bijak menggunakan gadget. Metode yang digunakan adalah psikoedukasi aktif dengan penyampaian materi interaktif dan evaluasi di akhir sesi. Hasil menunjukkan seluruh peserta memahami materi dengan baik melalui partisipasi aktif dan jawaban kuis yang tepat. Kesimpulannya, psikoedukasi ini efektif meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa dalam penggunaan gadget yang sehat untuk mendukung perkembangan optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...