JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Literacy Cloud terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Rohimah, Rina (Unknown)
Putri, Hafiziani Eka (Unknown)
Sari, Nadia Tiara Antik (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendekatan CTL berbantuan Literacy Cloud terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan menggunakan bentuk Nonequivalent Control Grup Desaint. Penelitian ini dilakukan pada 50 siswa di salah satu SD di Kabupaten Purwakarta. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t’. Uji tersebut untuk bisa melanjutkan ke uji regresi linear sederhana dan menentukan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh pendekatan CTL berbantuan media Literacy Cloud terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Peningkatan tersebut sebesar 47.3%. Dengan demikian, pendekatan CTL berbantuan media Literacy Cloud dapat dijadikan sebagai alternatif yang membantu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...