Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran CNC melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 1 Sumatera Barat pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Model PTK yang digunakan mengacu pada John Elliot (1982), yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan instrumen berupa lembar observasi aktivitas belajar, tes hasil belajar kognitif, dan penilaian praktik psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Jigsaw berhasil meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Ketuntasan klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 84,8%, dan ketuntasan hasil belajar kognitif mencapai 84,6%, melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 80%. Rata-rata hasil belajar meningkat dari 71 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II, dengan jumlah siswa tuntas meningkat dari 17 menjadi 22 orang. Keterampilan psikomotorik juga mengalami peningkatan, dari skor rata-rata 71,5 pada siklus I menjadi 84,5 pada siklus II, dengan peningkatan sebesar 12,9 poin. Dengan demikian, model Kooperatif Tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran CNC.
Copyrights © 2025