JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Media Video Youtube terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di SMAN 2 Cileungsi

Ajir, Diah Ichtiar (Unknown)
Nurhasanah, Ana (Unknown)
Fauzan, Rikza (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan media video YouTube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMAN 2 Cileungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah XI.6 sebagai kelas eksperimen dan XI.7 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media video YouTube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan pengujian hipotesis melalui uji-t dua pihak yang menunjukkan   (3,446)    (1,994) dengan α = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan menerapkan model Problem Based Learning pada mata pelajaran Sejarah, siswa akan terdorong untuk bekerja sama dalam kelompok guna memecahkan masalah secara bersama-sama. YouTube, sebagai platform video, dapat dimanfaatkan untuk mendukung diskusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Melalui langkah-langkah yang dilakukan sehingga akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga tujuan pembelajaran Sejarah dapat tercapai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...