Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan media video YouTube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMAN 2 Cileungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah XI.6 sebagai kelas eksperimen dan XI.7 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media video YouTube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan pengujian hipotesis melalui uji-t dua pihak yang menunjukkan   (3,446)    (1,994) dengan α = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan menerapkan model Problem Based Learning pada mata pelajaran Sejarah, siswa akan terdorong untuk bekerja sama dalam kelompok guna memecahkan masalah secara bersama-sama. YouTube, sebagai platform video, dapat dimanfaatkan untuk mendukung diskusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Melalui langkah-langkah yang dilakukan sehingga akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga tujuan pembelajaran Sejarah dapat tercapai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025