Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV di SD Negeri 134411 Tanjungbalai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda, di mana jawaban benar diberi skor 1 dan jawaban salah diberi skor 0. Tes dilakukan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) perlakuan untuk mengukur perubahan hasil belajar siswa.Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5,449, sedangkan ttabel dengan derajat kebebasan (df) 19 adalah 1,729 pada taraf signifikansi 0,05. Karena thitung (5,449) lebih besar dari ttabel (1,729), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV di SD Negeri 134411 Tanjungbalai. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (H0) ditolak.
Copyrights © 2025