JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Negeri 134411 Tanjungbalai

Tamba, Roma (Unknown)
Tambunan, Janwar (Unknown)
Sitohang, Sukardo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV di SD Negeri 134411 Tanjungbalai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda, di mana jawaban benar diberi skor 1 dan jawaban salah diberi skor 0. Tes dilakukan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) perlakuan untuk mengukur perubahan hasil belajar siswa.Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5,449, sedangkan ttabel dengan derajat kebebasan (df) 19 adalah 1,729 pada taraf signifikansi 0,05. Karena thitung (5,449) lebih besar dari ttabel (1,729), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV di SD Negeri 134411 Tanjungbalai. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (H0) ditolak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...