JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Juliati, Juliati (Unknown)
Saragih, Adelia (Unknown)
Adella, Adinda (Unknown)
Faturullah, Amar (Unknown)
Maulidiska, Maulidiska (Unknown)
Arlani, Pinkan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode bercerita terhadap keterampilan berbicara siswa sekolah dasar melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Keterampilan berbicara merupakan aspek penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang berperan dalam membantu siswa mengungkapkan pikiran, perasaan, dan ide secara lisan. Metode bercerita dinilai sebagai pendekatan yang efektif karena dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendorong partisipasi aktif siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode bercerita mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan memperluas kosakata, melatih struktur kalimat, serta membangun kepercayaan diri dalam berbicara. Peran guru sangat penting dalam pelaksanaan metode ini, baik sebagai fasilitator maupun model berbahasa yang baik. Berdasarkan hasil analisis literatur, penggunaan metode bercerita terbukti dapat mendukung perkembangan keterampilan berbicara secara alami dan bermakna dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...