Pengabdian masyarakat ini berfokus pada upaya peningkatan kemampuan literasi siswa melalui program pembelajaran membaca di SMKN Negeri 1 Padang. Rendahnya minat baca dan kemampuan literasi siswa menjadi permasalahan utama yang dihadapi oleh institusi pendidikan tersebut. Program pengabdian ini dilaksanakan selama enam bulan dengan menerapkan berbagai strategi pembelajaran membaca yang efektif, meliputi teknik SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), teknik DRTA (Directed Reading Thinking Activity), pembelajaran berbasis digital, dan kegiatan pojok literasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi pelatihan guru, workshop literasi untuk siswa, pendampingan intensif, dan evaluasi berkala. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca pemahaman siswa, pengembangan budaya literasi di lingkungan sekolah, dan penguatan kompetensi guru dalam mengajarkan keterampilan membaca. Pengabdian ini menunjukkan bahwa pendekatan komprehensif dan sistematis dalam pembelajaran membaca dapat memberikan dampak positif terhadap kemampuan literasi siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan keterampilan literasi secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025