Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari penerapan media Powerpoint berbasis software Blender terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dengan bahan tanah liat di SMP Negeri 15 Padang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 192 siswa, dengan sampel kelas VIII-3 dan VIII-6 yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes objektif berupa pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media Powerpoint berbasis software Blender dengan yang menggunakan media Powerpoint biasa. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,046 < 0,05. Kesimpulannya, penggunaan media Powerpoint berbasis software Blender dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa secara signifikan pada materi kerajinan bahan tanah liat.
Copyrights © 2025