JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Strategi Guru Kelas 1 dalam Menciptakan Suasana Kelas yang Menyenangkan di SDN Cikalang

Musadad, Yasmin Sabila (Unknown)
Undayasari, Dwi (Unknown)
Abidin, Yunus (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru dalam menciptakan suasana kelas yang menyenangkan di kelas 1 SDN Cikalang. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran guru dalam membentuk lingkungan belajar yang positif bagi siswa Sekolah Dasar, khususnya di kelas rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi seperti kegiatan pembuka yang menarik, penggunaan ice breaking, metode konkret, serta pendekatan emosional terhadap siswa. Strategi tersebut berdampak positif terhadap semangat dan partisipasi belajar siswa. Faktor pendukung berasal dari keterlibatan orang tua, sedangkan hambatannya meliputi kondisi emosional siswa yang beragam. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa strategi pembelajaran yang variatif dan humanis sangat penting untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan mendukung proses belajar yang efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...