JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengalaman Mahasiswa yang Bekerja Paruh Waktu dalam Menghadapi Stres Akademik selama Kuliah

Happsari, Ajeng Ayu (Unknown)
Zikrinawati, Khairani (Unknown)
Ikhrom, Ikhrom (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman mahasiswa yang bekerja paruh waktu dalam menghadapi stres akademik selama masa studi. Mahasiswa yang menjalankan peran ganda sebagai pelajar dan pekerja sering kali menghadapi tantangan yang kompleks, baik dari sisi pembagian waktu, tekanan akademik, maupun beban pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dan studi pustaka terhadap mahasiswa yang aktif bekerja paruh waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor ekonomi, keinginan mengembangkan diri, dan dukungan sosial menjadi motivasi utama mahasiswa bekerja. Namun, beban ganda tersebut berdampak pada peningkatan tingkat stres, penurunan partisipasi akademik, dan penurunan kualitas pembelajaran kolaboratif. Meski demikian, sebagian mahasiswa menunjukkan resiliensi akademik melalui manajemen waktu yang baik dan dukungan dari lingkungan sekitar. Penelitian ini menekankan pentingnya peran institusi pendidikan tinggi dalam memberikan dukungan adaptif terhadap mahasiswa pekerja, baik dalam bentuk fleksibilitas akademik, layanan konseling, maupun program mentoring.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...