JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Implementasi Kurikulum Merdeka dan Dampaknya terhadap Prestasi Belajar

Fatmawati, Fatmawati (Unknown)
Iqbal, Muh. (Unknown)
Asra, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Samaturu. Pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan analisis data akademik digunakan untuk mengidentifikasi dampak penerapan kurikulum yang berpusat pada peserta didik dan berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka berhasil meningkatkan motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan hasil akademik siswa, khususnya pada mata pelajaran eksplorasi dan penelitian. Peran guru sebagai fasilitator dan dukungan orang tua menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi. Meski demikian, adaptasi siswa dan guru terhadap sistem baru serta ketersediaan bahan ajar menjadi tantangan yang perlu diatasi. Sekolah berupaya melakukan pelatihan guru dan sosialisasi kepada orang tua untuk memaksimalkan efektivitas kurikulum. Temuan ini memberikan gambaran penting bagi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran inovatif dalam menghadapi tuntutan pendidikan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...