Penelitian ini mengkaji efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Samaturu. Pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan analisis data akademik digunakan untuk mengidentifikasi dampak penerapan kurikulum yang berpusat pada peserta didik dan berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka berhasil meningkatkan motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan hasil akademik siswa, khususnya pada mata pelajaran eksplorasi dan penelitian. Peran guru sebagai fasilitator dan dukungan orang tua menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi. Meski demikian, adaptasi siswa dan guru terhadap sistem baru serta ketersediaan bahan ajar menjadi tantangan yang perlu diatasi. Sekolah berupaya melakukan pelatihan guru dan sosialisasi kepada orang tua untuk memaksimalkan efektivitas kurikulum. Temuan ini memberikan gambaran penting bagi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran inovatif dalam menghadapi tuntutan pendidikan abad ke-21.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025