Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Canva dalam pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Hutaraja Tinggi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (one group pretest-posttest design). Sebanyak 21 siswa diberikan tes sebelum dan sesudah pembelajaran untuk melihat perubahan hasil belajar setelah menggunakan media Canva. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata siswa dari pretest sebesar 30,48 menjadi 72,86 pada posttest. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikan (p < 0,05) yang mengindikasikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Canva berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini memperkuat pentingnya penggunaan media visual interaktif dalam pembelajaran digital untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.
Copyrights © 2025