JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Young EFL Learners’ Experiences in Grammar Learning through Game-Based Learning: A Qualitative Study

Sari, Prima Dwi Putri (Unknown)
Zasrianita, Fera (Unknown)
Andriadi, Andriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2025

Abstract

Studi kualitatif ini mengeksplorasi pengalaman pelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) muda dalam mempelajari tata bahasa melalui pembelajaran berbasis permainan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penerapan permainan memengaruhi motivasi, keterlibatan, dan kemahiran tata bahasa siswa di lingkungan sekolah menengah pertama. Data dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara semi-terstruktur dengan siswa, diikuti oleh analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema utama. Temuan menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis permainan menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan interaktif yang meningkatkan antusiasme dan partisipasi siswa. Selain itu, siswa melaporkan peningkatan pemahaman dan penerapan aturan tata bahasa baik dalam bentuk tertulis maupun lisan. Interaksi sosial dan kolaborasi selama permainan juga berkontribusi positif terhadap pengalaman belajar mereka. Meskipun ada beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu dan kebingungan sesekali tentang aturan permainan, respons keseluruhannya baik, menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis permainan dapat secara efektif mendukung pemerolehan tata bahasa di kalangan pelajar EFL muda. Studi ini menyoroti potensi strategi yang inovatif dan berpusat pada pelajar untuk mempromosikan pembelajaran bahasa yang bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...