JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Tinjauan Teoretis terhadap Strategi Pembelajaran Aktif dalam Pendidikan Abad 21

Ervina, Ervina (Unknown)
Eliza, Fera (Unknown)
Juliana, Vivi (Unknown)
Pratama, Aidil (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut perubahan paradigma dari pembelajaran tradisional menuju pendekatan yang lebih aktif dan berpusat pada peserta didik, guna mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi yang esensial dalam menghadapi tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pembelajaran aktif sebagai pendekatan efektif dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan studi pustaka, yang melibatkan analisis literatur ilmiah nasional dari tahun 2019 hingga 2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran aktif yang mengintegrasikan model berbasis masalah, proyek, dan pendekatan saintifik mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik secara langsung dalam proses pembelajaran, memperkuat pemahaman konsep, dan mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi. Integrasi teknologi digital dan pengembangan profesional guru menjadi faktor pendukung utama dalam keberhasilan implementasi strategi ini. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi perubahan, strategi pembelajaran aktif sejalan dengan Kurikulum Merdeka dan profil pelajar Pancasila yang menekankan kemandirian, kreativitas, dan tanggung jawab peserta didik. Kesimpulannya, strategi pembelajaran aktif merupakan solusi tepat dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan peserta didik menghadapi tuntutan masa depan secara holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...