JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Internalisasi Nilai – Nilai Nasionalisme Peserta Didik melalui Pembelajaran Sejarah

Khaeruddin, Khaeruddin (Unknown)
Sumardin, Oschar (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Belajar sejarah tidak hanya berfokus untuk mengetahui peristiwa sejarah yang berkutat pada pertanyaan apa, mengapa dan kapan, tetapi lebih dari itu, dari proses belajar sejarah diharapkan terdapat nilai kebermaknaan yang ada pada peristiwa sejarah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber insfirasi dan edukasi dalam bersikap dan bertindak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme peserta didik melalui pembelajaran sejarah dalam proses pendidikan. Dengan belajar sejarah peserta didik dapat semakin menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam rangka membangun generasi muda yang berkualitas yang memiliki nasionalisme. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif analisis dan teknik pengumpulan data yakni dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan belajar sejarah peserta didik dapat mengetahui makna dan mengambil insfirasi dari peristiwa sejarah. Setidaknya dengan belajar sejarah, peserta didik memiliki nilai-nilai kepahlawananan seperti rasa cinta tanah air, patriotik, dan integritas. Metode strategi yang dapat digunakan, yakni pada jenjang Sekolah Dasar dapat menggunakan model bercerita dan menonton video terkait pahlawan nasional. Pada jenjang Sekolah Menengah Pertama dapat menggunakan model Tebak Gambar tokoh sejarah. Sedangkan di tingkat Sekolah Menengah Atas dapat menggunakan model Pementasan peristiwa sejarah, sehingga nilai – nilai nasionalisme dapat diinternalisasikan kepada peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...