Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada olahraga tenis meja. Dengan metode eksperimen kuantitatif dan desain Randomized control group Pretest-Posttest, penelitian ini melibatkan 110 siswa kelas VII di MTS Sunan Giri Mulung Gresik. Kelompok eksperimen (VII A) diberikan pembelajaran berbasis vidio, sementara kelompok kontrol (VII B) tidak mendapatkan perlakuan serupa. Hasil analisis menggunakan SPSS 26 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam motivasi belajar antara pretest dan posttest pada kedua kelompok, tetapi peningkatan lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Uji independen Sample T-test menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Analisis N-Gain Score menunjukkan peningkatan motivasi belajar sebesar 68,1% pada kelompok eksperimen masuk pada kategori sedang, sedangkan kelompok kontrol hanya meningkat 1,4% masuk pada kategori rendah.Kesimpulanya bahwa penggunaan media audio visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa mencapai 68,01% dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bawa media audio visual dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada olahraga tenis meja.
Copyrights © 2025