JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Penggunaan Buku Arabiyah Baina Yadaik dalam Pembelajaran Nahwu di Prodi MPI Ma’had Hidayatullah

Khairanis, Retisfa (Unknown)
Nurhikmah, Nurhikmah (Unknown)
Abidin, Faqih Zainal (Unknown)
Daroini, Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan buku Arabiyah Baina Yadaik dalam pembelajaran nahwu di Prodi MPI Ma'had Hidayatullah, dengan menilai integrasi kontekstual, peran dosen dalam penyesuaian materi, dan pengayaan pembelajaran. Buku ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengajarkan keterampilan berbicara dan mendengarkan, namun terbatas dalam penyajian kaidah nahwu secara sistematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, melalui observasi, wawancara, dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun buku ini efektif untuk pembelajaran berbasis konteks, peran dosen sangat penting dalam menyesuaikan materi untuk menjembatani kekurangan tersebut. Dosen menggunakan pendekatan kreatif dengan menambahkan materi pelengkap dan melibatkan mahasiswa dalam analisis kalimat untuk memperdalam pemahaman nahwu. Meskipun buku ini memberikan contoh praktis dalam teks dialog, tantangan besar terletak pada penggabungan antara keterampilan berbahasa dan pemahaman teori nahwu yang lebih mendalam. Penelitian ini merekomendasikan agar dosen terus mengembangkan pendekatan yang lebih sistematis dan menyeluruh, serta melibatkan sumber tambahan untuk memperkaya pembelajaran mahasiswa. Dengan demikian, pembelajaran nahwu dapat lebih efektif dan menyeluruh dalam konteks pendidikan bahasa Arab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...