Anak berkebutuhan khusus menghadapi berbagai hambatan dalam pendidikan, sehingga memerlukan dukungan aktif dari orang tua. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi peran orang tua dalam memberikan dukungan bagi pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus dan bagaimana hal ini memengaruhi perkembangan anak. Metode yang diterapkan adalah kajian pustaka, dengan cara menganalisis berbagai sumber ilmiah yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua secara positif memengaruhi keberhasilan akademik dan perkembangan sosial emosional anak. Orang tua berperan sebagai pendidik, pendamping, dan mitra kolaboratif sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Sebagai kesimpulan, partisipasi orang tua adalah elemen krusial untuk mencapai sukses dalam pendidikan inklusif. Oleh karena itu, dukungan dari sekolah dan pemerintah sangat diperlukan untuk memberdayakan orang tua melalui pelatihan dan pendampingan yang tepat.
Copyrights © 2025