JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peran Orang Tua dalam Mendukung Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus dan Dampaknya terhadap Anak

Herawati, Neti (Unknown)
Nursarifah, Iis (Unknown)
Indriani, Novitri (Unknown)
Sari, Nauli Tama (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Anak berkebutuhan khusus menghadapi berbagai hambatan dalam pendidikan, sehingga memerlukan dukungan aktif dari orang tua. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi peran orang tua dalam memberikan dukungan bagi pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus dan bagaimana hal ini memengaruhi perkembangan anak. Metode yang diterapkan adalah kajian pustaka, dengan cara menganalisis berbagai sumber ilmiah yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua secara positif memengaruhi keberhasilan akademik dan perkembangan sosial emosional anak. Orang tua berperan sebagai pendidik, pendamping, dan mitra kolaboratif sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Sebagai kesimpulan, partisipasi orang tua adalah elemen krusial untuk mencapai sukses dalam pendidikan inklusif. Oleh karena itu, dukungan dari sekolah dan pemerintah sangat diperlukan untuk memberdayakan orang tua melalui pelatihan dan pendampingan yang tepat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...